Header Ads

Yuk Kenali Jenis Wawancara Kerja

Yuk Kenali Jenis Wawancara Kerja - Wawancara sering jadi tahapan tes yang menakutkan bagi jobseeker. Padahal, wawancara tak berhenti di wawancara dari HRD saja. Lalu, ada wawancara apalagi?

Wawancara adalah salah satu proses seleksi kerja yang tidak pernah dilewatkan perusahaan. Perusahaan tertentu bahkan punya proses seleksi yang panjang karena wawancara yang berlapis. Karenanya, memahami jenis-jenis wawancara akan sangat membantu seseorang meraih karir impiannya.

Yuk Kenali Jenis Wawancara Kerja

Secara umum, tiga jenis wawancara ini kerap diterapkan perusahaan yakni wawancara HRD, user, dan direksi. Dari ketiganya, jenis wawancara yang menjadi lapis pertama biasanya adalah wawancara HRD. Wawancara ini dilakukan oleh bagian personalia perusahaan dan terkait aspek kepegawaian.

“Untuk HRD, pasti menyangkut kepegawaian. Jobseeker dengan karakteristik ini, cocok dengan nilai perusahaan enggak?” jelas Rinanti Nur Hapsari, HRD Manager, ECC UGM. Wawancara ini pun akan melihat apakah jobseeker tersebut bisa memegang komitmen dan bertahan lama di perusahaan tersebut. Selain itu, wawancara ini juga akan melihat sikap jobseeker yang berpotensi mempengaruhi teamwork.

Jenis wawancara kedua adalah wawancara user. “Wawancara user adalah wawancara dengan pihak divisi yang dilamar. Bisa dilakukan oleh manajer atau atasan di divisi tersebut,” ungkap Rinanti. Berbeda dengan wawancara HRD, masalah teamwork dan kemampuan teknis adalah aspek yang ditinjau pada tahap ini. Terlebih, wawancara ini terkait erat dengan pendistribusian kerja dan jobdesc yang diampu.

Sedangkan, wawancara direksi merupakan wawancara lapis terakhir yang dilakukan langsung oleh jajaran direksi. Sebenarnya, proses ini tidak jauh berbeda dengan wawancara HRD. Namun, direksi akan lebih menekankan soal kesamaan visi antara jobseeker dan perusahaan. “Direksi harus tahu kalau ada orang yang masuk. Kira-kira jobseeker itu satu visi dengan perusahaan atau tidak,” lanjutnya.

Nah, kamu sudah lebih paham dengan ketiga jenis wawancara tadi bukan? Jangan lupa, persiapkan diri dengan matang supaya wawancara-wawancara tersebut dapat kamu akhiri dengan baik. Tetap semangat, ya!

Penulis : Febriyanti Revitasari
Editor : Yuana Anandatama
Grafis : Ardiansyah Bahrul A.

Sumber : http://careernews.id
Diberdayakan oleh Blogger.